-->

Struktur Kontrol Pemilihan (Selection) Pemrograman C/C++

Struktur Kontrol Pemilihan (Selection)
Algoritma PemrogramanC++

Struktur IF-THEN
Pemilihan suatu pernyataan dieksekusi hanya jika suatu kondisi terpenuhi atau tidak terpenuhi. Pertanyaan IF-THEn (jika - maka) digunakan untuk menguji sebuah kondisi. Bila kondisi yang diuji terpenuhi, program akan menjalankan pernyataan - pernyataan tertentu. Bentuk umum struktur IF-THEN adalah sebagai berikut :

if <kondisi> then
    <pernyataan>
endif
 
Keterangan : 
Pernyataan sesudah THEN (dapat berupa satu atau lebih pernyataan) hanya akan dilaksanakan bila <kondisi> bernilai benar (true). Bila <kondisi> bernilai salah (false), tidak ada aksi yang dilaksanakan. Kata endif sengaja ditambahkan untuk mempertegas awal dan akhir struktur IF-THEN.

Struktur IF-THEN-ELSE
Pernyataan struktur IF-THEN-ELSE (jika - maka - kalau tidak) digunakan untuk menguji dua kondisi yaitu yang terpenuhi dan yang tidak terpenuhi. Bila kondisi yang diuji terpenuhi, program akan menjalankan pernyataan - pernyataan tertentu. Dan bila kondisi yang diuji salah, program akan menjalankan pernyataan - pernyataan lain. Bentuk umum struktur IF-THEN-ELSE adalah sebagai berikut :

if <kondisi> then
   <pernyataan_1>
else
   <pernyataan_2>
endif
 
Keterangan
Pernyataan_1 akan dilaksanakan jika <kondisi> bernilai benar, tetapi jika kondisi bernilai salah, maka else yang menyatakan ingkaran (negation) dari kondisi akan melaksanakan pernyataan_2.

Struktur IF-THEN-ELSE Bertingkat
Pernyataan struktur IF-THEN-ELSE bertingkat digunakan untuk menguji sebuah kondisi lebih dari dua kondisi yaitu satu kondisi terpenuhi, dan lebih dari satu kondisi yang tidak terpenuhi. Bila kondisi yang diuji terpenuhi, program akan menjalankan pernyataan - pernyataan tertentu, bila kondisi yang diuji salah, program akan menjalankan pernyataan- pernyataan lain. Bentuk umum pernyataan IF-THEN-ELSE bertingkat adalah sebagai berikut :

if <kondis_1> then
    <pernyataan_1>
else
          if <kondisi_2> then
             <pernyataan_2>
          else
                    if <kondisi_3> then
                       <pernyataan_3>
                    else
                                .
                                .
                                .
                              if <kondisi_n> then
                                  <pernyataan_n>
                              endif
                    endif
          endif
endif
 
Keterangan
Pernyataan IF-THEN-ELSE bertingkat (bersarang) atau IF di dalam IF digunakan untuk menguji sebuah kondisi lebih dari dua kondisi dalam bentuk bertingkat atau bersarang.

Struktur SWITCH-CASE
Pernyataan SWITCH-CASE digunakan untuk menyederhanakan intruksi IF-ELSE yang bertingkat.Semua masalah yang bisa diselesaikan menggunakan intruksi SWITCH-CASE. Pasti dapat ditangani dengan intruksi IF, tetapi berlaku sebaliknya. Jadi statement SWITCH-CASE merupakan statement yang dimanfaatkan untuk menentukan pilihan dari sejumlah pemilihan yang terlibat. Statement juga memiliki dua bentuk, yaitu statement SWITCH tunggal dan statement SWITCH bersarang. Bentuk umum algoritma untuk intruksi SWITCH-CASE :


switch <pilihan>
          case <pilihan_1> : <aksi_1>
          case <pilihan_1> : <aksi_1>
                              . . . .
          case <pilihan_1> : <aksi_1>
         {otherwise aksi}
endcase

Keterangan:
Pilihan_1, pilahan_2, dst mempunyai nilai kebenaran. Setiap pilihan diperiksa nilai kebenaran. Setiap pilihan diperiksa nilai kebenarannya mulai dari pemilihan pertama sampai ditemukan pilihan yang bernilai benar. Jika pilihan ke-i bernilai benar maka aksi ke-i dilaksanakan. pilihan berikutnya yakni pilihan kei+1 sampai pilihan ke-n tidak dipertimbangkan lagi.
Aksi yang dipasangkan dengan ke-i dapat berupa satu baris intruksi atau blok intruksi. Apabila tidak ada satupun piihan yang bernilai benar, maka aksi sesudah otherwise dikerjakan. Penulisa otherwise bersifat opsional. Dalam bahasa C/C++, otherwise diganti dengan kata kunci default.

Contoh soal:

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Struktur Kontrol Pemilihan (Selection) Pemrograman C/C++"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel